Ani Romaningsih: ANALISIS JABATAN KEPALA TATA USAHA

Sunday, December 6, 2015

ANALISIS JABATAN KEPALA TATA USAHA



ANALISIS JABATAN KEPALA TATA USAHA

A.    Nama Jabatan           : Kepala Tata Usaha
B.     Unit Organisasi          : Puskesmas Pemenang
1.      Eselon                                                       : IV B
2.      Letak Jabatan                                            : Tata Usaha
3.      Nama Jabatan Atasan Langsung               : Kepala Puskesmas
4.      Nama Jabatan Bawahan Langsung           : -

C.    Ringkasan Tugas
Memimpin Sub. Bagian Puskesmas menyiapakan dan menyusun bahan kegiatan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, humas, mengkoordinir pelaksana program, perlengkapan dan kepegawaian, administrasi keuangan dan administrasi umum.

D.    Rincian Tugas
1.      Membuat rencana kerja berdasarkan peraturan yang berlaku untuk pedoman pelaksanaan kegiatan
a.       Mengumpulkan bahan peraturan perundang-undangan yang berkenaan dengan program kerja
b.      Merencanakan kegiatan sesuai program kerja
c.       Memberi petunjuk kepada bawahan
d.      Membagi tugas kepada bawahan
e.       Mengevaluasi penyusunan konsep rencana kerja
2.      Memimpin Sub. Bagian Puskesmas Merlung menyiapakan dan menyusun bahan kegiatan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, humas, mengkoordinir pelaksana program, perlengkapan dan kepegawaian, administrasi keuangan dan administrasi umum.
a.       Menyiapkan bahan untuk dikoordinasikan
b.      Mempelajari bahan yang akan dikoordinasikan
c.       Mengkoordinir pelaksanaan kegiatan sesuai dengan ketentuan yang akan dilaksanakan.
d.      Mengklarifikasi pelaksanaannnya
e.       Mengendalikan kegiatan administrasi umum dan kepegawaian
f.       Mengendalikan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan
g.      Mengendalikan kegiatan monitoring, evaluasi dan pelaporan
3.      Melakukan koordinasi dengan instansi terkait sesuai bidang tugasnya dalam rangka sinkronisasi pelaksanaan tugas.
a.       Mengidentifikasi bahan permasalahan rapat
b.      Merumuskan permasalahan
c.       Mengkoordinasikan pemecahan permasalahan
d.      Merumuskan dan memantapakan hasil koordinasi
e.       Melaporkan hasil koordinasi
4.      Melaksanakan tugas kedinasan lainnya sesuai intruksi atasan agar tugas berbagi habis
a.       Menerima bahan perintah
b.      Mempelajari bahan perintah
c.       Membuat bahan laporan
d.      Melaporkan pelaksanaan tugas
5.      Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai bahan untuk penusunan program selanjutnya.
a.       Mengumpulkan bahan laporan
b.      Mempelajari bahan laporan
c.       Membuat bahan laporan
d.      Menyampaikan laporan kepada atasan

E.     Hasil Kerja
1.      Data dan Informasi
2.      Hasil olahan data

F.     Bahan Kerja
1.      Petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.
2.      Petunjuk dan pengarahan atasan.

G.    Peralatan Kerja
1.      Alat perlengkapan kantor
2.      Alat tulis kantor

H.    Tanggung Jawab
1.      Keberhasilan pelaksanaan tugas
2.      Penggunaan alat tulis kantor dan alat perlengkapan kantor secara efektif dan efisien
3.      Ketepatan waktu dan kebenaran pekerjaan
4.      Pembinaan disiplin dan kinerja bawahan
5.      Efektifitas penggunaan anggaran kegiatan

I.       Wewenang
1.      Memberi saran kepada atasan
2.      Melakukan koordinasi dan konsulatasi denagn pejabat/instansi terkait dalam rangka pelaksanaan pengelolaan kegiatan.
3.      Membimbing, memantau, mengarahakan, memberi petunjuk serta mengadakan pembinaan kepada bawahan dalam pengelolaan kegiatan tersebut.
4.      Menilai kinerja dan prestasi bawahan dalam melaksanakan tugas.
5.      Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan ini.

J.      Hubungan Kerja
Pola Hubungan
Nama Jabatan
Kondisi
Internal
Kepala puskesmas
Petunjuk dan pengarahan

K.    Keadaaan Tempat Kerja
No
Aspek
Kondisi
1.
Ruangan/Tempat Kerja
Didalam dan diluar ruangan
2.
Suhu
Sejuk
3.
Udara
Cukup
4.
Keadaan Ruangan
Baik
5.
Letak
Baik
6.
Tempat Kerja
Baik
7.
Penerangan
Terang
8.
Suara
Tenang


L.     Upaya Fisik
1.      Dominan duduk pada waktu bekerja.
2.      Berbicara pada waktu melakukan komunikasi dengan orang lain.

M.   Kemungkinan Resiko/Bahaya
No
Jenis Resiko/Bahaya
Tingkat Kejadian
Sering
Tidak Sering
1.
Ada
-
V

N.    Syarat Jabatan
1.
Pendidikan Formal
:
Sarjana/Diploma III
2.
Pelatihan
:
-
3.
Bakat yang perlu dimiliki
:
(G)
Intelegensia adalah kemampuan belajar secara umum
(Q)
Ketelitian adalah kemampuan menyerap perincian yang berkaitan dalam bahan verbal atau dalam tabel
4.
Temperamen
:
P (DEPL) adalah mampu menyesuaikan diri dalam berhubungan dengan orang lain lebih dari hanya penerimaan dan pemberian instruksi.
5.
Minat kerja yang dimiliki
:
1b
Pilihan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan komunikasi data
3b
Kegiatan yang bersifat rutin, konkrit dan teratur
6.
Lain-lain
:
a.
Memiliki penilaian kinerja yang baik
b.
Kemampuan berbahasa inggris








No comments:

Post a Comment

speech delay

 hay guyys.... ini saya mau sedikit share tentang speech delay yang lagi marak terjadi pada anak sekarang ... sama seperti anak saya... spee...