Ani Romaningsih: profil usaha "KEDAI SWEET ROBAK"

Sunday, October 4, 2015

profil usaha "KEDAI SWEET ROBAK"

stikes.jpg









MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
PROFIL USAHA
“KEDAI SWEET ROBAK

Dosen Pengampu :  Drs Yuneldi Yunis Koto M.pdi
Disusun Oleh :
Nama          : Ani Romaningsih
Nim            : 12127211 0009
Kelas          : AKK
Semester     : VI (Enam)

YAYASAN HAJI SOEHELLY  QARY
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) MERANGIN
PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT
TAHUN AJARAN 2015/2016

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Profil usaha Kedai Sweet Robak”.
Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah Kewirausahaan dengan dosen pengampu bapak Drs Yuneldi Yunis Koto M.pdi. Sebagaimana kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, baik dari isi maupun pembahasan. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun guna menyempurnakan tugas makalah ini.
            Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
                                                                                       

Bangko, 01 Agustus 2015

           

Penulis










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI  ........................................................................................................... ii
BAB     I    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.     Tujuan Usaha ......................................................................................... 1
BAB    II    PEMBAHASAN
A.   Visi dan Misi .......................................................................................... 2
B.    Gambaran Awal Usaha........................................................................... 2
C.    Rencana Produk...................................................................................... 2
D.   Rencana Pemasaran................................................................................ 3
E.    Perencanaan Keuangan........................................................................... 6
F.     Sumber dana........................................................................................... 7
BAB    III PENUTUP
A.    Antisipasi Masa Depan........................................................................... 8
B.     Kesimpulan ............................................................................................ 8
C.     Saran....................................................................................................... 8




BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika  membeli makanan.
Zaman dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah, ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu,  roti banyak menjadi pilihan manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung karbohidrat, protein dan lain-lain. Dari segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

B.     Tujuan Usaha
Menjadi salah satu usaha kuliner yang sukses di Bangko dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak cabang di wilayah bangko maupun diluar kota bangko dan menampung banyak karyawan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.    Visi Dan Misi
1.      Visi
a.       Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.      Menjadi salah satu usaha kuliner tersukses di  kota Bangko, bahkan Indonesia.
c.       Menjadi produsen roti bakar.
2.      Misi
a.       Terus berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
b.      Menciptakan ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
c.       Memberikan pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
d.      Menjual produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yang memukau.

B.     Gambaran Awal Usaha
Usaha ini merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana dari Bank sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini. Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat surat izin usahanya.

C.    Rencana Produk
1.      Gambaran Produk
Produk roti bakar saya berbeda dari roti-roti bakar yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam menciptakan menu roti bakar. Saya tidak hanya menjual roti bakar biasa pada umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni roti bakar buah dan roti bakar ice cream. Tidak hanya menjual roti bakar, saya juga menjual aneka minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis kopi, maupun ice cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual roti bakar, dapat menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.


2.      Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.
3.      Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, saya akan menjual roti bakar ditempat yang strategis, yakni di depan kantor bupati  yang merupakan salah satu tempat yang strategis di kota Bangko. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan roti bakar saya dapat berjalan dengan sukses.

C.    Rencana Pemasaran
1.      Analisis SWOT
a.       Strenght (Kekuatan)
1)      Mempunyai ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya yaitu roti bakar buah dan roti bakar ice cream.
2)      Tempatnya strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
3)      Rasanya sangat enak.
4)      Harganya cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
5)      Selai yang digunakan untuk roti bakar berasal dari buah segar dan tanpa pengawet karena dibuat sendiri.
b.      Weakness (Kelemahan)
1)      Tidak cocok bagi orang yang tidak suka roti, buah, ataupun ice cream.
2)      Belum mempunyai cabang.
3)      Kurang modal untuk memulai usaha.
4)      Harga bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan selai).
c.       Opportunity (Peluang)
1)      Digemari sebagian besar masyarakat.
2)      Ciri khas menu yaitu roti bakar menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
3)      Cabang yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
4)      Budaya masyarakat yang konsumtif.
d.      Threat (Ancaman)
1)      Banyak saingan diluar sana.
2)      Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
3)      Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).

2.      Analisis 4P (Produk, Price, Promotion Dan Place)
a.       Produk
Produk yang diolah adalah Roti Bakar berbahan dasar Roti. Tanpa bahan pengawet dan pembuatan nya sangat mudah.
b.      Price
Kedai Sweet Robak menawarkan harga yang dapat terjangkau oleh semua kalangan .
c.       Promotion
Promosi awal akan dilakukan dengan menyebarkan pamflet-pamflet kepada masyarakat dan pengguna jalan, sebagai pengenalan terhadap sweet Robak, selanjutnya apabila Kedai Sweet Robak mulai diminati, pasti akan ada pihak-pihak yang menyebarkan lewat mulut-kemulut tentang kenikmatan yang ditawarkan di Kedai Sweet Robak, dengan cara itu Kedai Sweet Robak yakin akan dapat semakin dekat dengan konsumen dan dapat berkembang secara pesat.
d.      Place
Kedai Sweet Robak menyediakan tempat yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen, karena pelayan akan selalu menjaga kebersihan tempat dan juga peralatan yang digunakan. Penataan ruangan yang rapi, meja dan kursi dengan jumlah yang cukup, akan semakin membuat Kedai Sweet Robak menjadi tempat yang nyaman untuk para konsumennya khususnya para remaja.


3.      Target Dan Segmentasi Pasar
a.       Geografi
Wilayah yang dijadikan target dalam bisnis Kedai Sweet Robak ini adalah wilayah jantung kota Bangko.
b.      Demografi
Berdasarkan demografi secara pasar kami bertuju pada mahasiswa dn pelajar, masyarakat khususnya yang terletak disekitaran tempat Kedai Sweet Robak ini.
4.      Strategi Pemasaran
a.       Perkenalan Bisnis
Produk yang disajikan adalah Roti bakar yang berbahan dasar Roti yang merupakan makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
b.      Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Usaha ini memiliki produk Roti bakar yang berbahan dasar Roti, sehingga dapat bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang membuka usaha dengan produk yang sama.
c.       Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk yang disajikan berupa Roti Bakar dengan diolesi coklat lelet dan diberikan toping kacang, kismis, keju dan dapat  ditambahkan buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi. Bentuk maupun  toping dari Roti bakar ini dapat dibuat sesuai pemesanan dari pelanggan.
d.      Meningkatkan kualitas bagi pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh Kedai Sweet Robak.
e.       Media pemasaran
Kami menambahkan No.Hp dalam brosur yang kami bagikan kesetiap pengunjung. Karena kami juga memberikan jasa pesan antar bagi pelanggan yang ingin memesan Roti bakar ini. Selain itu, kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook dan twitter serta face to face.



D.    Perencanaan Keuangan
Total biaya pembangunan usaha Toko Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,- dengan rincian sebagai berikut =
1.      Biaya Tetap (Fixed Cost)
·         Kontrak toko/bulan                                        Rp    1.000.000,-
·         Kursi, meja, lemari                                         Rp    5.000.000,-
·         Pemanggang roti 3 unit                                  Rp       750.000,-
·         Kompor gas 3 unit                                         Rp    1.200.000,-
·         Peralatan memasak lainnya                            Rp    2.500.000,-
·         Peralatan makan-minum                                Rp    2.500.000,-
·         Kulkas                                                            Rp    1.500.000,-
·         Listril, air, dan lain-lain                                 Rp       300.000,-
·         Pembuatan banner, stiker daftar harga          Rp         50.000,
Total                                                               Rp 14.800.000,-
2.      Biaya Variabel (Variable Cost) per Bulan
·         Roti                                                    Rp       500.000,-
·         Aneka macam selai                            Rp       300.000,-
·         Coklat dan ceres                                Rp       300.000,-
·         Kacang                                               Rp       200.000,-
·         Keju                                                   Rp       300.000,-
·         Pisang                                                Rp       200.000,-
·         Susu                                                   Rp       300.000,-
·         Mentega/margarin                              Rp       200.000,-
·         Aneka macam buah                           Rp       300.000,-
·         Aneka rasa ice cream                         Rp       300.000,-
·         Es batu                                               Rp       150.000,-
·         Gas                                                     Rp       300.000,-
·         Plastik, kertas roti, sedotan, dll         Rp       250.000,-
Total                                                   Rp   3.500.000,-
3.      Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 14.800.000,- + Rp 3.500.000,-
TC = Rp 18.300.000,-
4.      Daftar Harga
§  Harga Roti Bakar Buah                     = Rp    15.000,-
§  Harga Roti Bakar Es Krim                = Rp    15.000,-
§  Harga Roti Bakar Coklat                   = Rp    10.000,-
§  Harga Roti Bakar Keju                      = Rp    10.000,-
§  Harga Roti Bakar Coklat Keju          = Rp    13.000,-
§  Harga Roti Bakar Pisang Coklat       = Rp    13.000,-
§  Harga Roti Bakar Pisang Keju          = Rp    13.000,-
§  Harga Roti Bakar Coklat Kacang      = Rp    13.000,-
§  Harga Jus Buah                                  = Rp    10.000,-
§  Harga Es Buah                                   = Rp    13.000,-
§  Harga Es Krim                                   = Rp    13.000,-

E.     Sumber Dana
Kebutuhan dana dalam pembangunan usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank, yaitu:
Modal sendiri  : Rp    9.150.000,00    (50%)
Kredit Bank    : Rp    9.150.000,00    (50%)
Total                 Rp  18.300.000,00 (100%)










BAB III
PENUTUP

A.    Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa roti yang kami buat. Karena apabila kualitas roti  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

B.     Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.

C.     Saran
Penyusunan makalah ini memerlukan perbaikan dan kritik serta saran yang bersifat membangun. Sehingga penyusunan makalah di masa yang akan datang dapat lebih baik lagi. Untuk itu penyusun mohon saran-saran untuk melengkapi makalah usaha ini. Dan diharapkan dengan disusunnya makalah usaha ini dapat menjadi panduan untuk membuat makalah usaha. Dengan makalah ini juga diharapkan muncul wirausahawan baru yang dapat menambah lapangan kerja dan dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.




No comments:

Post a Comment

speech delay

 hay guyys.... ini saya mau sedikit share tentang speech delay yang lagi marak terjadi pada anak sekarang ... sama seperti anak saya... spee...