MAKALAH KEWIRAUSAHAAN
PROFIL USAHA
“KEDAI SWEET ROBAK”
Dosen Pengampu : Drs Yuneldi
Yunis Koto M.pdi
Disusun
Oleh :
Nama : Ani Romaningsih
Nim : 12127211 0009
Kelas : AKK
Semester : VI (Enam)
YAYASAN
HAJI SOEHELLY QARY
SEKOLAH
TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) MERANGIN
PRODI
S1 KESEHATAN MASYARAKAT
TAHUN
AJARAN 2015/2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur
kami ucapkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya
sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Profil usaha Kedai Sweet
Robak”.
Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah Kewirausahaan dengan dosen pengampu bapak Drs Yuneldi Yunis Koto M.pdi. Sebagaimana
kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, baik dari isi
maupun pembahasan. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun guna menyempurnakan tugas makalah ini.
Kami berharap makalah ini dapat bermanfaat. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.
Bangko, 01 Agustus 2015
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR
ISI ........................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.
Tujuan
Usaha ......................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Visi dan Misi .......................................................................................... 2
B.
Gambaran Awal Usaha........................................................................... 2
C.
Rencana Produk...................................................................................... 2
D.
Rencana Pemasaran................................................................................ 3
E.
Perencanaan Keuangan........................................................................... 6
F.
Sumber dana........................................................................................... 7
BAB III PENUTUP
A.
Antisipasi Masa Depan........................................................................... 8
B.
Kesimpulan
............................................................................................ 8
C.
Saran....................................................................................................... 8
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Seiring
dengan perkembangan zaman dan lingkungan maka orang sekarang mulai berhati-hati
dalam memilih dan membeli sesuatu. Salah satu hal dimana orang sangat hati-hati
dan teliti sekali dalam memilih dan membeli adalah ketika membeli
makanan.
Zaman
dulu orang membeli makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah,
ini terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Dua hal inilah yang
menjadi prioritas utama dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan
kandungan gizi dan nutrisi yang terkandung didalam makanan yang mereka beli.
Akan
tetapi akhir-akhir ini kecenderungan masyarakat kita dalam membeli makanan
adalah memperhatikan rasa, gizi yang terkandung dalam makanan tersebut, baru
kemudian memikirkan harga. Oleh karena itu, roti banyak menjadi pilihan
manusia untuk makanan ringan, dimana dari segi rasa, roti menawarkan cukup
banyak rasa yang ditawarkan dan enak, dari segi gizi juga memenuhi kebutuhan
gizi manusia, dari segi harga, roti mudah dijangkau semua kalangan masyarakat.
Berdasarkan
fenomena diatas maka sangat cocok dan potensial bila kami mendirikan usaha
jualan roti bakar, dimana dari segi rasa memenuhi rasa enak, dari segi gizi
roti bakar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh konsumen karena mengandung
karbohidrat, protein dan lain-lain. Dari segi harga roti bakar terbilang mudah dijangkau oleh
semua lapisan masyarakat.
B.
Tujuan
Usaha
Menjadi
salah satu usaha kuliner yang sukses di Bangko dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka banyak
cabang di wilayah bangko maupun diluar kota bangko dan menampung banyak karyawan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Visi Dan Misi
1. Visi
a.
Memperoleh
keuntungan yang sebesar-besarnya.
b.
Menjadi
salah satu usaha kuliner tersukses di kota Bangko, bahkan Indonesia.
c.
Menjadi
produsen roti bakar.
2. Misi
a.
Terus
berinovasi dalam menciptakan menu-menu yang unik dan menarik.
b.
Menciptakan
ide-ide kreatif sebagai penarik minat para pembeli.
c.
Memberikan
pelayanan yang baik dan ramah dalam upaya menarik pembeli.
d.
Menjual
produk dengan harga yang terjangkau tetapi dengan kualitas dan rasa yang memukau.
B.
Gambaran
Awal Usaha
Usaha ini
merupakan usaha saya yang pertama. Dalam tahap awal saya akan meminjam dana
dari Bank sebagai tambahan awal modal kami dalam mendirikan usaha ini.
Selanjutnya saya akan menyewa tempat sebagai lokasi usaha saya dan membuat
surat izin usahanya.
C.
Rencana Produk
1. Gambaran Produk
Produk roti bakar saya berbeda dari
roti-roti bakar yang lainnya. Saya mempunyai ide dan inovasi tersendiri dalam
menciptakan menu roti bakar. Saya tidak hanya menjual roti bakar biasa pada
umumnya, tetapi saya juga mempunyai menu spesial yakni roti bakar buah dan roti
bakar ice cream. Tidak hanya menjual roti bakar, saya juga menjual aneka
minuman seperti aneka macam jus buah, sirup, bebagai jenis kopi, maupun ice
cream. Saya harap dengan ide dan inovasi saya dalam menjual roti bakar, dapat
menarik para pembeli sehingga dapat meningkatkan omset penjualan saya.
2. Gambaran Persaingan
Untuk saat ini saya mempunyai
beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.
penjualan roti bakar saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan roti bakar dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli roti bakar mereka.
3. Gambaran Penjualan
Dalam pelaksanaannya nanti, saya
akan menjual roti bakar ditempat yang strategis, yakni di depan kantor
bupati yang merupakan salah satu tempat
yang strategis di kota Bangko. Tentu dalam penjualannya nanti, ada strategi-strategi
penjualan yang akan saya pakai dalam menarik calon pembeli. Besar harapan saya
agar dalam pelaksanaannya nanti penjualan roti bakar saya dapat berjalan dengan
sukses.
C.
Rencana Pemasaran
1. Analisis SWOT
a. Strenght
(Kekuatan)
1)
Mempunyai
ciri khas menu yang berbeda dengan usaha roti bakar yang lainnya
yaitu roti bakar buah dan roti bakar ice cream.
2)
Tempatnya
strategis dan mempunyai cabang di mana-mana sehingga mudah untuk dikunjungi.
3)
Rasanya
sangat enak.
4)
Harganya
cukup murah ,terjangkau, pelayanan memuaskan, rapi dan bersih.
5)
Selai
yang digunakan untuk roti bakar berasal dari buah segar dan tanpa pengawet
karena dibuat sendiri.
b. Weakness
(Kelemahan)
1)
Tidak
cocok bagi orang yang tidak suka roti, buah, ataupun ice cream.
2)
Belum
mempunyai cabang.
3)
Kurang
modal untuk memulai usaha.
4)
Harga
bahan baku tidak stabil (dalam pembuatan selai).
c. Opportunity
(Peluang)
1)
Digemari sebagian
besar masyarakat.
2)
Ciri
khas menu yaitu roti bakar menjadikan usaha ini sangat menjanjikan.
3)
Cabang
yang semakin banyak membawa konsumen mudah mendatanginya.
4)
Budaya
masyarakat yang konsumtif.
d. Threat
(Ancaman)
1)
Banyak
saingan diluar sana.
2)
Harga
bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti
bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
3)
Bila
hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak
(jarang).
2. Analisis 4P (Produk, Price, Promotion
Dan Place)
a.
Produk
Produk yang diolah adalah Roti Bakar
berbahan dasar Roti. Tanpa bahan pengawet dan pembuatan nya sangat mudah.
b.
Price
Kedai Sweet Robak menawarkan harga yang
dapat terjangkau oleh semua kalangan .
c.
Promotion
Promosi awal akan dilakukan dengan
menyebarkan pamflet-pamflet kepada masyarakat dan pengguna jalan, sebagai
pengenalan terhadap sweet Robak, selanjutnya apabila Kedai Sweet Robak mulai
diminati, pasti akan ada pihak-pihak yang menyebarkan lewat mulut-kemulut tentang
kenikmatan yang ditawarkan di Kedai Sweet Robak, dengan cara itu Kedai Sweet
Robak yakin akan dapat semakin dekat dengan konsumen dan dapat berkembang
secara pesat.
d.
Place
Kedai Sweet Robak menyediakan tempat
yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen, karena pelayan akan selalu menjaga
kebersihan tempat dan juga peralatan yang digunakan. Penataan ruangan yang
rapi, meja dan kursi dengan jumlah yang cukup, akan semakin membuat Kedai Sweet
Robak menjadi tempat yang nyaman untuk para konsumennya khususnya para remaja.
3. Target Dan Segmentasi Pasar
a.
Geografi
Wilayah yang dijadikan target dalam
bisnis Kedai Sweet Robak ini adalah wilayah jantung kota Bangko.
b.
Demografi
Berdasarkan demografi secara pasar kami
bertuju pada mahasiswa dn pelajar, masyarakat khususnya yang terletak
disekitaran tempat Kedai Sweet Robak ini.
4. Strategi Pemasaran
a.
Perkenalan Bisnis
Produk yang
disajikan adalah Roti bakar yang berbahan dasar Roti yang merupakan makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan. Serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
b.
Membangun jaringan dengan usaha lain
yang dapat mendukung bisnis
Usaha ini
memiliki produk Roti bakar yang berbahan dasar Roti, sehingga dapat bekerjasama
dengan perusahaan-perusahaan yang membuka usaha dengan produk yang sama.
c.
Menciptakan inovasi pada desain yang
ditawarkan
Produk yang
disajikan berupa Roti Bakar dengan diolesi coklat lelet dan diberikan toping
kacang, kismis, keju dan dapat
ditambahkan buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi.
Bentuk maupun toping dari Roti bakar ini
dapat dibuat sesuai pemesanan dari pelanggan.
d. Meningkatkan
kualitas bagi pelayanan
Menyediakan website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk
yang dibuat oleh Kedai Sweet Robak.
e. Media pemasaran
Kami menambahkan No.Hp dalam brosur yang kami bagikan kesetiap pengunjung.
Karena kami juga memberikan jasa pesan antar bagi pelanggan yang ingin memesan Roti
bakar ini. Selain itu, kami akan mempromosikan produk kami melalui media social
seperti facebook dan twitter serta face to face.
D.
Perencanaan
Keuangan
Total biaya pembangunan usaha Toko
Roti Bakar tersebut sebesar Rp 17.750.000,- dengan rincian sebagai
berikut =
1. Biaya Tetap (Fixed Cost)
·
Kontrak
toko/bulan
Rp 1.000.000,-
·
Kursi,
meja, lemari
Rp 5.000.000,-
·
Pemanggang
roti 3
unit
Rp 750.000,-
·
Kompor
gas 3
unit
Rp 1.200.000,-
·
Peralatan
memasak
lainnya
Rp 2.500.000,-
·
Peralatan
makan-minum
Rp 2.500.000,-
·
Kulkas
Rp 1.500.000,-
·
Listril,
air, dan lain-lain
Rp 300.000,-
·
Pembuatan
banner, stiker daftar
harga Rp
50.000,
Total
Rp 14.800.000,-
2. Biaya Variabel (Variable Cost) per
Bulan
·
Roti
Rp 500.000,-
·
Aneka
macam
selai
Rp 300.000,-
·
Coklat dan ceres
Rp 300.000,-
·
Kacang
Rp 200.000,-
·
Keju
Rp 300.000,-
·
Pisang
Rp 200.000,-
·
Susu
Rp 300.000,-
·
Mentega/margarin
Rp 200.000,-
·
Aneka
macam buah
Rp 300.000,-
·
Aneka
rasa ice
cream
Rp 300.000,-
·
Es
batu
Rp 150.000,-
·
Gas
Rp 300.000,-
·
Plastik, kertas
roti, sedotan, dll Rp 250.000,-
Total
Rp 3.500.000,-
3. Total Biaya (Total Cost)
TC = TFC + TVC
TC = Rp 14.800.000,- + Rp 3.500.000,-
TC = Rp 18.300.000,-
4.
Daftar
Harga
§ Harga Roti Bakar
Buah
= Rp 15.000,-
§ Harga Roti Bakar Es
Krim
= Rp 15.000,-
§ Harga Roti Bakar
Coklat
= Rp 10.000,-
§ Harga Roti Bakar
Keju
= Rp 10.000,-
§ Harga Roti Bakar Coklat
Keju =
Rp 13.000,-
§ Harga Roti Bakar Pisang
Coklat = Rp 13.000,-
§ Harga Roti Bakar Pisang
Keju =
Rp 13.000,-
§ Harga Roti Bakar Coklat
Kacang = Rp 13.000,-
§ Harga Jus
Buah
= Rp 10.000,-
§ Harga Es
Buah
= Rp 13.000,-
§ Harga Es
Krim
= Rp 13.000,-
E.
Sumber
Dana
Kebutuhan dana dalam pembangunan
usaha ini berasal dari dana sendiri dan dana pinjaman dari bank, yaitu:
Modal sendiri :
Rp 9.150.000,00 (50%)
Kredit Bank
: Rp 9.150.000,00 (50%)
Total
Rp 18.300.000,00 (100%)
BAB
III
PENUTUP
A. Antisipasi Masa
Depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar
para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa roti yang kami
buat. Karena apabila kualitas roti kami tidak kami tingkatkan kemungkinan
besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
B. Kesimpulan
Menurut kami
usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin
bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang-orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
C.
Saran
Penyusunan makalah ini memerlukan perbaikan dan kritik
serta saran yang bersifat membangun. Sehingga penyusunan makalah di masa yang akan datang dapat
lebih baik lagi. Untuk itu penyusun mohon saran-saran untuk melengkapi makalah usaha ini. Dan diharapkan dengan disusunnya makalah usaha ini dapat menjadi panduan
untuk membuat makalah
usaha. Dengan makalah
ini juga diharapkan muncul wirausahawan baru yang dapat menambah lapangan kerja
dan dapat mengurangi pengangguran yang ada di Indonesia.
No comments:
Post a Comment