TUGAS KEBIJAKAN KESEHATAN
“Air, Sanitasi Dan Kebersihan Di Fasilitas Kesehatan”
Dosen Pengampu : Joni
Rasmanto SKM.,M.Kes
DI SUSUN OLEH :
Nama : Ani Romaningsih
Nim :
12127211 0009
Kelas :
AKK
Semester : VII (Tujuh)
PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MERANGIN
TAHUN AJARAN 2015/2016
AIR, SANITASI DAN KEBERSIHAN DI FASILITAS KESEHATAN
- Data Menurut WHO
Data dari 54 negara, yang mewakili 66.101 fasilitas menunjukkan bahwa, 38%
dari fasilitas pelayanan kesehatan tidak memiliki peningkatan sumber air, 19%
tidak memiliki sanitasi dan 35% tidak memiliki air dan sabun untuk mencuci
tangan. Contohnya Penyediaan air terendah di Wilayah Afrika, dengan 42% dari
semua fasilitas perawatan kesehatan kurang sumber air dan perlu ditingkatkan.
Sebagai perbandingan, penyediaan sanitasi terendah di Amerika, dengan 43% dari
fasilitas pelayanan kesehatan kurang layanan kesehatannya.
- Penjelasan air, sanitasi dan kebersihan
1. Air. Adanya sumber air atau pasokan air
jarak maksimal dari fasilitas kesehatan yaitu 500 m yang mana digunakan untuk
minum, kebersihan pribadi, kegiatan medis, membersihkan, laundry dan memasak.
2. Sanitasi. Kehadiran jamban atau WC di dalam
fasilitas kesehatan misalnya rumah sakit, puskesmas dan lain-lain.
3. Kebersihan. Ketersediaan tempat mencuci tangan
dengan sabun atau Membersihkan tangan berbasis alkohol di dalam fasilitas
kesehatan. sehingga dampak langsung pada kemampuan untuk menyediakan rasa aman, dan layanan yang berkualitas.
- Menurut WHO standar air, sanitasi dan kebersihan di fasilitas perawatan kesehatan (WHO, 2008)
1.
Air
a.
Kuantitas air
·
5-400 liter / orang /
hari. Layanan rawat jalan membutuhkan sedikit air, sementara ruang operasi dan kamar pengiriman membutuhkan lebih
banyak air.
b.
Akses air
·
On-site persediaan, Air
harus tersedia di semua bangsal perawatan dan ruang tunggu
c.
Kualitas air
·
Kurang dari 1 Escherichia
coli / total tahan panas, coliform per 100 ml. Kehadiran sisa
disinfektan. Air minum harus memenuhi Pedoman WHO untuk minum. Kualitas air harus
berdasarkan aspek mikroba, kimia dan aspek fisik. Fasilitas perawatan harus mengadopsi pendekatan
manajemen risiko untuk memastikan air minum yang aman.
2. Sanitasi
a.
Kuantitas sanitasi
·
1 toilet untuk setiap
pengguna 20 untuk pengaturan rawat inap. Setidaknya 4 toilet per pengaturan
rawat jalan. Toilet terpisah untuk pasien dan staf. Jumlah yang memadai dari toilet harus tersedia
bagi pasien, staf dan pengunjung.
b.
Akses sanitasi
·
Fasilitas sanitasi
harus dalam dasar fasilitas dan diakses oleh semua jenis pengguna (perempuan,
laki-laki, orang-orang dengan cacat).
c.
Kualitas sanitasi
·
Sesuai untuk lokal
teknis dan keuangan
·
kondisi, aman, bersih,
dapat diakses oleh semua pengguna termasuk orang-orang dengan mobilitas
berkurang.
·
Toilet harus dibangun
sesuai dengan spesifikasi teknis untuk memastikan tinja yang aman dikelola.
3.
Kebersihan
Sebuah titik air yang dapat diandalkan dengan sabun atau alkohol
berdasarkan tangan menggosok tersedia di semua area perawatan, menunggu kamar
dan dekat jamban untuk pasien dan staf. Air dan sabun (atau alkohol berdasarkan
menggosok tangan) harus tersedia di semua bidang utama dari fasilitas untuk
memastikan praktik kebersihan tangan yang aman.
- Jumlah air yang di butuhkan di fasilitas kesehatan menurut who
1.
Puskesmas
·
5 liter air untuk setiap
pasien rawat jalan
·
40-60 liter air untuk
setiap pasien rawat inap
2. Rumah sakit
·
Dengan fasilitas pencucian
pakaian yaitu 220-300 liter air per tempat tidur
E.
Tindakan untuk mengatasi masalah air, sanitasi dan kebersihan di
fasilitas kesehatan
WHO dan UNICEF akan berusaha untuk meningkatkan kesadaran, komitmen asuh
dan bekerja dengan mitra baik di sektor kesehatan dan lingkungan pada setiap
tingkatan (lokal, nasional dan global), untuk mengembangkan dan
mengimplementasikan rencana aksi global. Rencana akan mencakup sejumlah
komponen:
1.
memperkuat kebijakan dan standar
nasional,
2.
memastikan cukup pembiayaan dan staf
terlatih untuk mengelola kebersihan di fasilitas perawatan kesehatan,
3.
menggunakan pendekatan berbasis risiko
untuk memprioritaskan, mempertahankan perbaikan, harmonisasi dan memperluas
pemantauan.
No comments:
Post a Comment