Ani Romaningsih: kepribadian

Saturday, May 2, 2015

kepribadian



TUGAS KULIAH PSIKOLOGI
“ Tentang Kepribadian ”

Dosen Pengampu: Ira Gustia Ningsih, S.Psi, M.Psi, Psi



Logo Unhalu_Colour 2
 









DISUSUN OLEH:
Nama        : Ani Romaningsih
Kelas         : A (Reguler)
Nim           : 121272110009
Semester   : I (Satu)

YAYASAN HAJI SOEHELY QARY
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MERANGIN
PRODI S1 KESEHATAN MASYARAKAT
TAHUN AJARAN 2012



TUGAS PSIKOLOGI

1.      Buatlah tentang gambaran kepribadian saudara menurut pendapat saudara anda sendiri ?
2.      Buatlah tentang gambaran kepribadian saudara menurut pendapat minimal tiga orang teman satu kelas ?
3.      Dari 10 faktor yang mempenggaruhi kepribadian, menurut anda yang paling dominan mempengaruhi kepribadian saudara, jelaskan ?

JAWAB :
1.      Kepribadian ??
Sebenarnya saya belum menggerti apa itu kepribadiaan sesungguhnya, dalam diri seseorang ataupun diri saya sendiri?? ,namun saya menggambil dari suatu sumber bahwa :
Kepribadiaan adalah cara seseorang individu bereaksi  dan berinteraksi dengan individu lain, namun kepribadian selalu didiskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang. Kepribadian merupakan suatu struktur dan sekaligus proses, yang dimana sesuatu tersebut dapat berubah.
Mungkin kepribadiaan itu adalah sikap, tingkah laku, karakter seseorang. disini saya akan mencoba mengindentifikasi kepribadian saya sendiri:
*      Dilihat dari segi Karakter
*     Dalam segi karekter kepribadian bahwa saya tidak konsisten dalam memegang pendiriaan atau pendapat dimana  pendirian saya dapat tergoyahkan karena banyaknya  orang memberikan pendapat maka dari itu membuat saya tidak dapat memegang  pendirian saya.
*     Karekter saya berdasarkan warna kesukaan, saya sangat menyukai warna: unggu, putih, dan biru. Penjelasan warna berdasarkan kepribadiaan saya:
*      Unggu
Tipe yang benar-benar luar biasa, tidak pernah ragu-ragu, apa yang dikerjakan adalah yang terbaik, pandai dalam mengikuti perkembangan jaman, kuat mental yang bisa mendekati dan menjadi kekasih.
*      Putih
Cenderung pecinta damai dan tak suka memihak, orang yang tenang dan mudah berteman dengan siapa saja.
*      Biru
Sosok penyayang dan berjiwa bebas, bersifat seperti air yang mengalir, energinya surut dan naik, cara melihat perubahan untuk melakukan suatu gerakan, dan dapat di andalkan dalam cara nya memecahkan suatu masalah.
*      Saya juga seseorang yang lambat mereaksi terhadap rangsangan-rangsangan yang datang dari orang lain ataupun lingkungan.
*      Saya mempunyai sikap yang baik.
*      Responsibilitas ( tanggung jawab) adalah kesiapan  untuk menerima resiko dari tindakan ataupun perbuatan yang dilakukan. Mungkin saya adalah orang yang bertanggung jawab karena saya berani menerima konsekuensi apabila saya melakukan suatu kesalahan. Contohnya pada saat saya diberikan suatu tugas untuk diberitahukan kepada orang lain, maka saya akan memberitahukannya. Dan contoh lainnya pada saat saya SMA saya pernah dikeluarkan dari kelas karena saya rebut pada saat pelajaran berlangsung. Maka dari kedua contoh dapat ketahui dengan bahwa saya orangnya bertanggung jawab.
*      Saya mempunyai sifat pribadi yang tertutup, malu, patuh, setia, takut dan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain yang kurang. Mungkin karena saya adalah orang yang jarang bergaul dengan kawan sebaya pada saat di rumah, karena di sekitar lingkungan rumah saya tidaknya kawan sebaya, kakak yang menjadi tempat curhat ataupun inspirasi bagi saya. Mungkin karena itulah membuat saya berhati-hati untuk bergaul, dan banyaknya masalah yang dipendam membuat saya tertutup. Saya sangat senang pada saat saya sekolah ataupun kulyah membuat saya bebas berekspresi sehingga saya dapat menghilangkan semua kepenatan saya. Sehingga saya kulyah mendapatkan banyak teman perempuan, namun saya kurang bergaul dengan cowok.
*      Saya mempunyai kepribadian yang sehat dan juga tidak sehat. Yang sehat yaitu :dapat mengontrol emosi, mandiri, bersifat respek, empati terhadap orang lain, menghargai orang lain saat orang lain berbicara, mudah bersahabat dengan orang lain, selalu ceria, dapat menerima tanggung jawab, mampu menilai diri seseorang dan situasi secara realistic, mencari pemecahan praktis dan bergerak cepat. Yang tidak sehat yaitu: mudah marah (tersinggung), menunjukkan kekhawatiran dan kecemasan yang tinggi, senang bergurau dengan orang lain, sering menggalami pusing kepala,penakut dan pemalas.

2.      Pendapat orang lain terhadap Kepribadian ku
Menurut saya ani itu mempunyai kepribadiaan dimana sikap dan tingkah laku yang baik. Dia itu Manis, baik hati, perhatian sama teman, ceria dan selalu ada untuk teman. Saya melihat itu dari sifat dan fisik. (iis sholehat)
Menurut saya ani itu Baik, perhatian, ceplas ceplos, plin plan, asik, lucu, ngangenin, cuek, flexsibel, mudah bergaul, murah senyum, setia kawan, humoris, tertutup, rendah diri, dan kurang pede. (marlina mutiara)
menurut saya ani itu baik, tidak terlalu suka ikut campur urusan orang lain, kurang pintar, sensitive, susah bergaul dengan orang lain,dan suka memendam perasaan alias tidak suka to the point. (Reno mardani)
Menurut saya ani itu Suka bercanda, cepat marah. saya melihat kepribadiaan dia dari sifat dan karakternya.( Danny pratama akbar)
Menurut saya ani itu Polos, selalu ada untuk orang lain, orangnya simple, dan tidak banyak bunyi. ( Abdul Ghonny)
Menurut saya ani itu Pintar, baik dan asik. ( Bhima putra)

3.      Kita ketahui bahwa dalam diri seseorang atau dalam diri kita pasti banyak faktor yang mempengaruhi kepribadian. Factor-faktor yang mempengaruhi kepribadian saya antara lain :
*      Factor yang dominan dalam kepribadian saya
Kepribadian itu ada karena ada factor-faktor yang berpengaruh , proses dimana seseorang dapat menghayati norma-norma yang ada dikelompok dimana ia hidup sehingga muncullah kepribadiaan yang unik.
Keluarga merupakan factor pertama yang mempengaruhi kepribadian saya. Dimana dikeluarga itulah pertama kali saya dibentuk, diberi pengarahan tentang bagaimana secara saya bersikap, tingkah laku, pendidikan, dan sopan santun. Keluarga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak, secara tidak langsung anak akan belajar melihat dan menganalisis kepribadiaan kelurganya, mereka akan cendrung meniru,menerapakan dan menggunakannya sehingga keluarga sebenarnya merupakan cikal bakalpembentuk kepribadian anak.  Apabila keluarga damai dan bahagai maka anak itu mempunyai kepribadian yang baik dan apabila sebaliknya keluarga tidak damai, tidak bahagia,  atau banyak percecokan dalam keluarga maka kepribadian anak itu tidak baik, sering kali depresi dan frustasi. Saya termasuk keluarga yang bahagia.
Factor keturunan juga berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Pengaruhnya yaitu bentuk biologisnya, tingkah laku dan sikap. Setiap warisan biologis seseorang juga bersifat unik, yang berarti, bahwa tidak seorang pun (kecuali anak kembar) yang mempunyai karakteristik fisik yang hamper sama namun kepribadian mereka pasti berbeda biarpun mereka kembar.
Budaya sangat berpengaruh dalam kepribadian saya, karena budaya membentuk norma, sikap, dan nilai kepribadian saya. Adanya budaya yang terus berkembang, kebudaya modern atau budaya yang sekarang ini. Kita ketahui bahwa budaya luar sangat mempengaruhi kepribadian saya. Misalkan dari cara berpakaian ,kita ketahui bahwa orang timur pakaiannya tertutup, dalam hal ini bukan tertutup semua melainkan menutup aurat. Namun sekarang cara berpakaiannya menggunakan pakaian yang mini, berani memakai celana pendek pada saat keluar rumah ataupun memakai baju yang kurang bahan.
Saya termasuk orang yang terpengaruh oleh perkembangan zaman, atau sedikit melupakan budaya sendiri. tetapi budaya asli saya masih saya pegang teguh, namun saya harus menggikuti perkembangan zaman di era globalisasi ini, baik perkembangan teknologi, budaya segi music, dance dan lain-lain. kalau tidak, saya mungkin akan dikatakan dengan teman-teman saya bahwa saya orang kuper. Saya masih mempunyai norma dan nilai saya pegang teguh.
Dari kedua factor tersebut ada lagi yang berpengaruh dalam kepribadiaan saya yaitu lingkungan sekitar. Dilingkungan inilah juga memberikan pengaruh besar terhadap kepribadiaan seseorang. Jika lingkungan di tempat  ia tinggal merupakan lingkungan yang baik maka akan membentuk kepribadiaan yang baik pula dan sebaliknya . dilingkungan itu terdapat  teman, guru, dosen yang berpengaruh dalam kepribadian juga.

*      Factor yang kurang dominan dalam kepribadiaan saya
Emosi, Mungkin apabila orang melihat saya, mereka bilang bahwa saya mempunyai emosi yang tinggi. Karena mereka belum mengetahui saya sebernarnya. Sesungguhnya saya bukan orang yang mempunyai emosi yang tinggi.
Nama, keberhasilan dan kegagalan, memiliki sedikit pengaruh terhadap konsep diri. Inteligensi saya pintar juga tidak, bodoh juga tidak namun standar. Penerimaan social saya baik terhadap orang di sekitar saya. Karena saya mempunyai prilaku yang baik. Seseorang mempunyai sedikit masalah dalm kehidupan social maka orang tersebut tidak mendapat penerimaan yang tidak baik atau sering dibicarakan terus menerus di kehidupan social.
            Perubahan fisik dapat disebabkan oleh adanya kematangan fisik yang menggarah kepada perbaikan kepribadiaan. Saya mulai merubah diri dari kepribadian yang buruk ke baik dengan sedikit demi sedikit. Sikap saya yang masih kanak-kanak akan berubah dengan berjalan waktu ke sikap yang lebih dewasa.

No comments:

Post a Comment

speech delay

 hay guyys.... ini saya mau sedikit share tentang speech delay yang lagi marak terjadi pada anak sekarang ... sama seperti anak saya... spee...